Tips Orangtua Tunggal dalam Mendidik Anak
By elvy hanna on March 20,2013
Menjadi orangtua tunggal merupakan hal yang cukup sulit, hal ini dikarenakan ibu atau ayah yang menjadi single parent harus mampu untuk memerankan keduanya. Setelah menghadapi perceraian, seorang anak tentu akan merasakan tidak lengkapnya kasih sayang orangtua. Meskipun, mereka bisa dengan bebas bertemu ibu dan ayahnya ditempat yang berbeda.

Dari perceraian tersebut tentu Anda tidak ingin melihat si buah hati menjadi murung akibat ulah orangtuanya. Berikut beberapa tips orangtua tunggal untuk mendidik anak dengan baik :

  • Memberikan kasih sayang dengan selalu memperhatikan semua kegiatannya. Dengan beberapa sentuhan lembut yang hangat, anak tidak akan merasa kesepian.

  • Mendengarkan cerita anak dan memberikan komentar yang mendidik.

  • Ciptakan suasana aman, agar anak tidak merasakan ketakutan. Berusahalah untuk tetap melindungi anak-anak dengan baik.

  • Buatlah jadwal makan dan bermain bersama, agar waktu dapat terbagi dengan baik bersama anak-anak.

  • Memberikan mereka pujian, saat melakukan kegiatan yang baik atau prestasi menakjubkan. Selain itu Anda dapat memberikannya sebuah bingkisan yang dia inginkan.

  • Memberikan kritikan mengenai sikapnya yang salah, berilah contoh baik agar anak-anak sadar bahwa yang dilakukannya salah.

   Dengan menunjukan sikap yang baik sebagai orangtua tunggal dalam mendidik anak, tentu hal ini tidak akan menjadi masalah ke depannya. Luangkan waktu untuk selalu bersamanya sehingga anak tidak akan merasa kesepian walaupun sudah berpisah.

COMMENTS
Please login to leave a comment