tarian untuk buah hati
By saramaslina on March 30,2013
MARI Bunda tumbuhkan rasa percaya diri anak lewat tarian. Bila si kecil menyukai kegiatan ini, manfaat lain akan tercapai dengan sendirinya.
BILA buah hati suka menari, salurkan bakat dan minatnya lewat berbagai kursus atau les tari yang kini dapat dengan mudah ditemui. Jenis tarian yang bisa diikuti pun kian bervariasi, mulai dari modern dance, balet klasik sampai hip hop. Manfaatnya beragam, mulai dari melatih kelenturan, motorik, konsentrasi, sampai rasa percaya diri.
Jika Anda tinggal di kawasan Gading Serpong, Tangerang, Etoile Dance Center layak dipertimbangkan. Etoile merupakan sekolah tari yang menggunakan sistem pengajaran dari Australia Teachers of Dancing (ATOD). “Ini satu-satunya sekolah tari yang menggunakan metode ATOD. Saya ingin sekali memperkenalkan The Fine Art of Dancing kepada publik Indonesia, terutama dalam lingkup tari balet klasik, jazz, hip hop, dan belly dance,” ujar anchangela Lina Lukman, pemilik Etoile Dance Center.
Anchangela yang juga menjadi pengajar balet berkomitmen memberikan yang terbaik bagi anak didiknya, hingga mereka yang serius bisa terus mengembangkan kemampuan dan bersaing di dunia internasional. Itu sebabnya, seluruh pengajar dan koreografer di Etoile bersertifikat internasional. Selain itu, di setiap ujian kenaikan level yang dilaksanakan satu tahun sekali, penguji dan penilainya datang langsung dari ATOD.
Etoile Dance Center Gading Serpong berdiri 22 Mei 2011. Untuk sementara Anchangela belum berniat membuka cabang, tetapi akan segera memperbesar sekolah tari di Tangerang. Anak didik yang kini bergabung sekitar 120-an, terdiri dari berbagai usia, mulai dari usia termuda 3 tahun. Kelas yang sudah teredia adalah balet, jazz, hip hop, dan belly dance. “Sebentar lagi aka nada body and mind class yang merupakan gabungan dari yoga, taichi, dan pilates. Kelas ini untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak bisa diikutsertakan di balet mulai usia 3 tahun atau hip hop sekitar usia 5 tahun,” ujarnya.
Lewat tarian,  terang anchangela, anak-anak bisa belajar mendengar ritme, melatih kelenturan tubuh, motorik, disiplin, dan kepercayaan diri. Untuk memaksimalkan  manfaat sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab Etoile, setiap tahun siswa siswi Etoile melakukan pementasan yang biasanya dilaksanakan di Gedung Kesenian Jakarta, Taman Ismail marzuki, atau Theater Jakarta.
Ballet
Ballet merupakan salah satu jenis tarian tertua di dunia. Abad 18 menjadi periode di mana metode dan standar teknik ballet maju pesat, seiring popularitas yang juga kian meningkat. Sampai sekarang ballet dianggap sebagai dasar dari berbagai jenis tarian lainnya, karena mengutamakan kelenturan tubuh, kekuatan tubuh, dan mengutamakan garis tubuh dan gerakan yang indah.
Belajar tari ballet sebaiknya dimulai saat masih anak-anak. Dalam proses belajar anak akan diajarkan untuk disiplin, merangsang pola pikiri dan sikap positif, serta mengajarkan pada anak, untuk mencapai sesuatu diperlukan proses. Saat ini di Etoile Dance Center tersedia tiga tingkatan pelatihan balet, yaitu Baby Class, Pre School, dan Basic 1.
COMMENTS
Please login to leave a comment