Mengenalkan Aktivitas Menulis Dan Menggambar
By yeni hariono on January 10,2013
Apa manfaat mengenalkan gambar dan tulisan pada si kecil? Pengenalan gambar dan huruf pada si kecil dapat menjadi sarana atau media tepat dalam menstimulasi kemampuan berbahasa dan daya imajinasi anak. Misalnya , lewat kegiatan membacakan buku cerita bergambar, secara tidak langsung akan memperkaya perbendaharaan kosakata dan pengetahuan anak. Bukan itu saja ! Memperkenalkan  huruf atau tulisan pada anak sejak dini merupakan langkah persiapan bagikemampuan belajar anak dalam menulis dan membaca kelak. Sedangkan gambar yang juga merupakan salah satu bentuk bahasa untuk mengekspresikan diri, juga dapat mendorong imajinasi dan kreativitas anak. Tidak heran, baik gambar  maupun tulisan, keduanya sama-sama dibutuhkan dalam menstimulasi kecerdasan anak. Selain lewat tulisan dan gambar, masih banyak stimulasi lain yang dapat Anda lakukan. Salah satunya dengan memberi stimulasi gizi. Untuk mengoptimalkan kecerdasan anak, stimulasi kecerdasan otak anak dengan memberikan gizi yang tepat. Dengan gizi yang tepat, stimulasi apapun baik lewat gambar maupun tulisan akan mendukung kecerdasan si kecil secara optimal. Cara Mengenalkan Aktivitas Menulis dan Menggambar :
  • Sediakan kertas lebar dan alat tulis yang tidak perlu runcing ujungnya dan besarnya sesuai genggaman anak, misalnya, pensil warna atau krayon.
  • Untuk awalnya, biarkan anak mencoret sesukanya, kemudian secara bertahap contohkan anak bentuk-bentuk atau coretan-coretan sederhana, seperti lingkaran, garis lurus dan sebagainya.
  • Jangan memaksa anak untuk langsung mengikuti contoh, tapi doronglah agar anak belajar menulis atau anak belajar menggambar dalam suasana bermain yang menyenangkan.
COMMENTS
Please login to leave a comment