ARTICLES
>
Kotor Itu Baik
By elvy hanna on March 26,2013
Kata-kata diatas pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak yang biasa bermain di lumpur atau memakan makanan yang jatuh ke lantai justru mampu melindungi dirinya dari serangan jantung di kemudian hari.

      Pemimpin penelitian Thomas McDade mengatakan bahwa lingkungan yang terlalu bersih di awal kehidupan justru menyebabkan seseorang lebih mudah terkena peradangan ketika ia dewasa nanti, bahkan meningkatkan resiko terhadap berbagai macam penyakit termasuk jantung.

      Para peneliti mengacu pada sebuah penelitian yang dilakukan di Filipina, dengan data yang diperoleh dari 3.327 anak yang lahir pada tahun 1980-an di Filipina. Beberapa hal yang turut diteliti adalah sosial ekonomi keluarga dan kebersihan dari lingkungan rumahnya. Dari penelitian ini ditemukan bahwa meskipun banyak balita di Filipina terkena penyakit infeksi, C-reactive protein (CRP) anak-anak tersebut ditemukan 80 persen lebih rendah daripada orang Amerika saat mereka dewasa. CRP adalah protein patologik yang ditemukan dalam darah jika terjadi peradangan akut atau adanya jaringan yang rusak.

      Pada intinya, penelitian ini mengingatkan bahwa mengekspos mikroba dan bakteri umum sejak masa kanak-kanak memberikan keuntungan berupa kekebalan tubuh yang sudah terbentuk sejak dini.

COMMENTS
Please login to leave a comment